Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Pemuaian

Proses pembelajaran fisika kali ini merupakan pembelajaran terintegrasi antara mata pelajaran fisika dengan bahasa inggris. Standar kompetensi yang dipakai adalah :

Standar Kompetensi Fisika - Pemuaian

Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

Standar kompetensi Bahasa Inggris (Aspek Bicara)

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan

Berikut ini kegiatan pembelajaran untuk mata pelajaran fisika dengan topik pemuaian

1. Brainstorm

  • Menunjukkan video singkat yang menunjukkan fenomena terkait pemuaian. Siswa diminta memprediksi apa yang terjadi dari fenomena tersebut. Guru memperhatikan reaksi dan respons anak.
  • Guru menanyakan kira-kira kenapa fenomena itu terjadi. Guru mengumpulkan dan mencatat respon siswa.
  • Guru memberi petunjuk bahwa di akhir topik siswa akan tahu alasan dari fenomena itu.

2. Observasi/Data Collecting

  • Tugas Siswa, Siswa diberi tugas untuk merancang dan mendemonstrasikan fenomena pemuaian. Rancangan dan demonstrasi diharuskan dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain.
  • Bentuk Karya Siswa, Demonstrasi konsep pemuaian dengan berbagai pilihan media: Movie Maker, Flash, atau Powerpoint (siswa memilih)
  • Tugas dikerjalan secara berkelompok dengan jumlah kelompok tidak lebih dari 2 orang
  • Siswa diberi waktu 1 minggu untuk melakukan data collecting tentang Pemuaian serta berbagai eksperimen terkait lewat berbagai sumber (buku teks, internet, narasumber, encyclopedia, etc)
  • Siswa diharuskan mengisi jurnal riset yg dipersiapkan Guru agar bisa dilacak aktifitasnya
  • Penggunaan sumber internet harus disertai Bibliografi alamat situs

3. Project Making

  • Proyek dikerjakan oleh siswa pada waktu pelajaran fisika. Jumlah jam mengajar yang digunakan adalah 4 jam, sehingga kegiatan pembuatan model bisa dilakukan di kelas sampai beberapa sesi agar Guru bisa memonitor
  • Kalau misalkan waktu tidak cukup, bisa dilanjutkan di rumah, namun Jurnal riset harus diisi dan diperiksa Guru
  • Narasi karya harus dalam Bahasa Inggris sesuai KD (beberapa sesi bisa dilakukan di jam Bahasa Inggris)
  • Proyek terdapat deadline!

4. Presentasi

  • Hasil project dan model didisplay di Blog agar semua orang bisa mengakses termasuk kepala sekolah dan guru serta siswa lain
  • Menentukan satu hari khusus (hari sabtu ) untuk mengadakan pameran kecil. Di pameran ini akan mengundang orang tua dan guru serta siswa di jenjang lain untuk berkunjung. Para siswa akan mendemonstrasikan dan menjelaskan model yang dibuatnya.
  • Guru akan menilai pemahaman siswa lewat salah satu dua aktifitas tersebut. Dua siswa dalam kelompok akan dinilai secara rata sehingga nilai yang didapat adalah nilai individu.
  • Meminta siswa menulis 5 pertanyaan uraian dan jawabannya (worksheet disediakan oleh guru)
  • Dalam waktu 1× 40 menit siswa diminta saling bertanya dan menjawab di kelas. Siswa diminta mencatat hal-hal baru yang mereka dapatkan. Guru mengobservasi dan menilai apakah setiap siswa serius dan terlibat dalam kegiatan itu.
  • Guru membuat salinan Q&A siswa, yg asli dikembalikan, yg salinan disimpan guru agar nanti bisa dijadikan salah satu sumber soal UTS atau UAS (catatan: Guru akan memodifikasi soal, bukan mengeluarkan soal “mentah” dari siswa)

6. Refleksi

  • Siswa diminta untuk menulis secara singkat apa yang mereka pelajari tentang topik tersebut di dalam blog siswa masing-masing.
  • Siswa diminta untuk menulis secara singkat apa yang mereka pelajari tentang topik tersebut di dalam Buku Pribadi
  • Siswa diminta untuk menulis secara singkat apa yang mereka pelajari tentang topik tersebut di sebuah poster “What We Learned About…” lalu dipasang di kelas atau bagian lain di sekolah agar bisa dilihat orang luar dan siswa itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar