Pemuaian - Materi Pendahuluan

Sebelum kita memulai menjelajah tentang pemuaian. Ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab. Sebelum menjawab pertanyaan, mari lihat gambar dibawah ini :Ada dua buah rantai yang tebuat dari besi.

Kemudian rantai ini dimasukkan ke dalam freezer selama seharian. Sampai kira-kira rantai ini membeku.
Setelah dipastikan membeku, rantai dikeluarkan dari dalam freezer lalu kita pukul dengan sangat keras dengan menggunakan palu.


Sesi Pertanyaan :
Setelah kamu melihat gambar diatas, ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab.
  1. Menurut pendapatmu, apa yang terjadi dengan rantai yang membeku saat dipukul dengan sangat keras dengan menggunakan palu? Coba jelaskan pendapatmu secara ilmiah.
  2. Jika kamu masih ragu dengan jawabanmu, cobalah untuk membuat percobaan seperti gambar di atas. Dan catat semua yang terjadi. Setelah kamu mengetahui apa yang terjadi saat rantai yang membeku dipukul keras-keras. Cobalah membuat essay mengenai hal itu.
Kamu juga bisa menggunakan link belajar mandiri untuk mempelajari berbagai macam fenomena pemuaian atau kamu bisa membaca buku teks dan buku yang ada di perpustakaan. Oya, kamu juga bisa googling loo..

Kamu bisa mengirimkan jawabanmu via email ke prasetyo_wijaya@yahoo.co.id atau kamu bisa mengutarakan pendapatmu via komentar dibawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar